PEMANFAATAN E-GOVERNMENT TERHADAP PENINGKATAN PELAYANAN MASYARAKAT

Posted: Juni 20, 2009 in Teknologi Informasi

Teknologi informasi sebagai salah satu media percepatan komunikasi memberikan efek domino yang cukup besar terhadap perubahan individu manusia, baik perubahan strukturalnya yang berkaitan dengan aplikasi teknologi tersebut untuk organisasi maupun perubahan kultural berkaitan dengan perubahan gaya hidup individu yang ada. Dari hal tersebut maka dikembangkan sebuah bentuk sosialisai sistem berbasis elektronik yang sering kita kenal dengan istilah elektronik sistem ( e government, e – leraning dll ) untuk menjembatani perubahan dimaksud agar konsep struktural dan kultural yang ada bisa berdampak positif dan dapat berjalan beriringan.

Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Kabupaten Purwakarta sedang mengembangkan E government sebagai media yang berbasis elektronik untuk percepatan informasi, efektifitas dan efesiensi serta akuntabilitas penyelenggaraan pemerintah. E government yang sedang dikembangkan ini adalah sebuah pengintegrasian seluruh pulau – pulau sistem yang ada dengan digabungkan di dalam server pusat, dengan harapan masyarakat akan semakin mudah mengakses informasi penyelenggaraa pemerintahan di Kabupaten Purwakarta. Dari hal ini maka pemerintah Kabupaten Purwakarta mencanangkan ” Purwakarta IT 2009 ” sebagai motivasi untuk mewujudkan Purwakarta On Line dan memahamkan masyarakat dengan teknologi berbasis informasi.

APLIKASI E – GOVERNMENT  PURWAKARTA UNTUK PUBLIK SERVICE

E – Government Kabupaten Purwakarta menganut prinsip “ locally aplicative ” dengan maksud mengembangkan sebuah system elektronik dengan basis aplikasi yang dapat memuat potensi kedaerahan, karena otonomi daerah bertumpu kepada daerah dengan seluruh potensinya.  Dengan adanya sistem ini maka masyarakat akan semakin paham akan potensi yang dimiliki daerahnya, semakin paham bahwa manggis super berasal dari daerah Purwakarta, semakin paham bahwa simping hanya ada di Purwakarta, semakin paham bahwa Tape Bendul berasal dari Cijantung Purwakarta walaupun sudah menyebar sampai ke Bandung, sehingga dari hal ini rakyat Purwakarta akan semakin mencintai Purwakartanya dan semakin berkeinginan untuk mengembangkan Purwakarta.

Untuk itulah Strategi e- Gov Kab. Purwakarta dalam menjembatani hal dimaksud adalah melalui tahapan – tahapan sebagai berikut :

  1. Mengembangkan sistem pelayanan yang andal dan terpercaya, serta terjangkau oleh masyarakat luas.
  2. Menata sistem manajemen dan proses kerja pemerintahan.
  3. Memanfaatkan teknologi informasi secara optimal sebagai sarana informasi potensi daerah dan publikasi lainnya.
  4. Meningkatkan peran serta dunia usaha dan mengembangkan industri telekomunikasi dan teknologi informasi
  5. Mengembangkan kapasitas SDM di lingkungan pemerintahan dan meningkatkan e-literacy masyarakat.
  6. Melaksanakan pengembangan secara sistematik melalui tahapan-tahapan yang realistik dan terukur.

Dari strategi ini diharapkan Purwakarta Berkarakter dapat terwujud melalui percepatan e government dengan didukung oleh seluruh lapisan masyarakat. E Government ini konspenya adalah berasal dari proses koneksitas seluruh oganisasi ( SKPD ) pemerintah dalam rangka percepatan pelayanan kepada masyarkat, koneksitas tersebut pada akhirnya dapat diunduh oleh masyarakat melalui website Purwakarta.go.id dengan porses transparansi dapat berjalan dengan baik. Adapun Tujuan Purwakarta On Line adalah sebagai  berikut :

  • Meningkatkan akses dan kualitas Pelayanan Publik
  • Meningkatkan efisiensi, efektivitas, dan transparansi Penyelenggaraan Pemerintahan
  • Sarana Promosi dan Investasi
  • Mendorong perubahan budaya dan etos kerja birokrat
  • Antisipasi era informasi dan globalisasi

Pemerintah Kabupaten Purwakarta pada tahun 2009 sedang mengembangkan sebuah konsep Kantor yang tidak memiliki sebuah tempat atau yang lebih dikenal dengan KANTAYA ( Kantor Maya ). KANTAYA ini menggunakan basis teknologi informasi dengan memanfaatkan koneksitas seluruh Badan / dinas / kantor yang ada di Kabupaten Purwakarta melalui sebuah aplikasi sistem KANTAYA yang di dalam sistem ini memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Teleconference    (  percakapan langsung )
  • Daily Report / Monitoring / Controlling setiap Satker, Kecamatan, BUMD, Desa / Kelurahan
  • Sarana pengiriman Data melalui Sistem Online
  • Informasi dan Monitoring Proyek/Kegiatan secara OnLine pada setiap Satker
  • Agenda Kerja pada setiap Satker
  • Forum Diskusi dan Chating antar Personil dan Satker
  • Surat Dinas / Undangan  pada Satker

Dengan adanya KANTAYA ini diharapkan efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan dapat tercapai, karena dengan sistem ini dapat memangkas biaya operasional pelaksanaan administrasi pemerintahan.

Adapun konsep e Government Kabupaten Purwakarta dapat dilihat dalam diagram berikut :

Dengan adanya e Government ini diharapkan seluruh sistem pelayanan kepada masyarakat dapat dikoneksikan ke Kecamatan bahkan Desa / kelurahan. Sehingga pelayanan masyarakat seperti pembuatan KTP, KK, kemudian Pencetakan SPPT ( Surat Penyetoran Pajak Tahunan ) dapat dilakkukan di Kecamatan atau Desa, bahkan kedepannya pembayaran listrik, telepon dapat dilakukan di tingkat RT dan RW. Pendekatan pelayanan kepada masyarakat ini dilakukan dalam rangka mendukung Purwakarta Berkarakter dengan Sembilan Lengkah Ngewangun Nagri Raharhja sebagai wujud aplikasinya.

PENGEMBANGAN E – GOVERNMENT PURWAKARTA

Pengembangan e Government di Kabupaten Purwakarta adalah seluruh penyelenggaran pemerintahan baik langsung maupun hanya bersifat minitoring dapat diakses dimanapun berada dengan menggunakan fasilitas internet. Pengembangan e Government di Kabupaten Purwakarta kedepannya adalah dengan memperkuat jaringan pengamanan demi keamanan warga masyarakat Purwakarta, dan penggunaaan fasilitas internet bagi masyarakat secara gratis, melalaui titik – titik tertentu ( Hot Spot ).

CCTV for security

Dari hal tersebut maka pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam melindungi dan memberikan pelayanan maksimal kepada warganya memerlukan sebuah sarana CCTV sebagai salah satu alternative ideal untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Pengembangan CCTV di Kabupaten Purwakarta digunakan untuk memonitor wilayah & titik rawan yang meliputi :

a. Tempat strategis, obyek vital, kantor pemerintahan dan perwakilan asing, tempat wisata, sentra pelayanan masyarakat, sentra kerajinan dsb.

b.  Pintu air vital, daerah rawan banjir, daerah rawan gempa, daerah rawan gunung berapi dsb.

Dengan adanya sistem monitoring ini diharapkan keadaan situasi pada titik rawan tersebut dapat dipantau secara langsung sehingga dapat dilakukan penanganan tindak lanjut secara cepat dan tepat.

Internet for the people

Internet for the people ” merupakan targetan pemerintah Kabupaten Purwakarta dalam mencerdaskan dan memberikan informasi kepada masyarakat. Strategy Internet for the people ini adalah dengan membuat titik – titik penyebaran internet ( Hot spot ) di beberapa daerah tertentu, yang dapat diakses masyarakat secara bebas. Internet for the people ini akan dilakuakn dengan beberapa tahapan sebagai berikut :

  • Memberikan akses internet education di sekolah – sekolah melalui ineternet goes to school.
  • Memberikan akses internet di tempat yang dapat dijadikan                ” outbond scholl ” ( ex : sekitar kantor perpustakaan – situbuleud )
  • Memberikan akses internet di sekitar gedung instansi pemerintah yang sudah terkoneksi melalui jaringan e government.

Penerapan teknologi internet di bidang pendidikan dan latihan akan sangat dibutuhkan dalam rangka meningkatkan dan memeratakan mutu pendidikan, terutama di Indonesia pada umumnya dan wilayah Purwakarta pada khususnya yang wilayahnya tersebar di berbagai daerah yang sangat berjauhan. Sehingga diperlukan solusi yang tepat dan cepat dalam mengatasi berbagai masalah yang berkaitan dengan mutu pendidikan sekarang. Dengan adanya aplikasi pendidikan jarak jauh yang berbasiskan internet, maka ketergantungan akan jarak dan waktu yang diperlukan untuk pelaksanaan pendidikan dan latihan akan dapat diatasi, karena semua yang diperlukan akan dapat disediakan secara online sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Dengan adanya seminar ini diharapkan masyarakat purwakarta khususnya para tenaga pengajar tidak lagi menjadi GAPTEK ( Gagap Teknologi ) tentang dunia internet sebagai media penjelajah informasi, sehingga wawasan dan pengetahuan tenaga pengajar menjadi tambah luas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s