Cara Mengunci Folder Dan Drive USB

Posted: Agustus 20, 2010 in Jaringan Komputer
Tag:, ,

FlasdiskFlashDisk saat ini merupakan benda personal yang dimiliki banyak orang. Biasanya mereka menggunakannya untuk menyimpan gambar, data pekerjaan, file penting atau lainnya. Bahkan untuk beberapa program yang Portable bisa dibuka langsung dari Flashdisk tanpa perlu repot-repot install di Komputer.

Saat ini penggunaan flashdisk sudah banyak sekali. Jika komputer anda mempunyai banyak data penting dan paling ogah jika orang lain bisa dengan sembarangan mengcopy file atau data-data penting dengan flashdisk, mengunci drive tersebut adalah ide yang tepat. Sebenarnya ada beberap tool atau software yang bisa dipergunakan untuk mengunci drive tersebut. Namun kali ini yang akan kita lakukan adalah tweak registry yang ada di komputer kita (solusi murah meriah).

Caranya :

  1. Klik menu Start > Run.
  2. Pada kotak dialog Run ketikkan regedit, lalu klik OK.
  3. Run
  4. Setelah masuk ke dalam jendela registry, cari alamat : HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\Current ControlSet\Control\StorageDevicePolicies.
  5. Jika Folder StorageDevicePolicies belum ada di dalam registry, kita bisa membuatnya dengan cara klik folder Control > Klik kanan pilih New > Key ketik StorageDevicePolicies.
  6. Buat DWORD Value,  caranya klik Folder StorageDevicePolicies klik kanan > New > DWORD Value beri nama WriteProtect . Kemudian dobel klik  pada WriteProtect dan beri nilai 1 pada value data.
  7. StorageDevicePolice
  8. Restartlah komputer anda kini data-data anda lebih aman dan tidak bisa dicopy dengan sembarangan.
  9. Kalau ada yang mau copas akan keluar peringatan seperti ini :
  10. eror-coy
  11. Untuk mengembalikannya (bisa copas) ganti pada value data pada WriteProtect menjadi 0 .
  12. Beberapa cara yang lain yakni dengan menghidden atau super hidden pada folder/file yang ingin kita proteksi. Atau dengan cara memprotek hak akses pada folder/file yang kita inginkan, caranya pada jendela file explorer klik Tools > Folder Options > Properties >View hilangkan tanda centang pada menu use simple file sharing (Recomended) klik OK. Klik pada folder yang ingin kita proteksi klik kanan > Properties > Security, beri centang semua di bawah menu Deny klik OK. Ketika ada yang mengklik  folder tersebut hasilnya akan keluar seperti ini :
  13. fault

Catatan : Cara ini mungkin tidak berlaku untuk orang-orang yang biasa ngoprek komputer.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s