Belajar dari anak

Posted: Juni 27, 2016 in Tulisanku
Tag:, , ,

Pada waktu itu kami sekeluarga berlima sengaja naik motor jalan2 keliling kota purwakarta untuk menikmati suasana nan sejuk dikotaku di bulan Ramadhan ini. Ketika di atas motor anaku bertanya kepada kami “ bi kenapa sech kalo keluar rumah harus berdoa “ langsung saja istriku coba menjelaskan kepada anaku yang pertama sambil menggendong si bungsu bahwasannya ketika kita keluar rumah kita wajib untuk berdoa supaya kita dilindungi oleh Alloh SWT agar tebebas dari musibah dan juga kita mendapatkan pahala.

Sepintas mungkin itu sepele dan cerita klasik yang sering kita dengar, akan tetapi sy coba lihat dari sisi kepasrahan kita kepada Alloh terhadap segala aktivitas yang kita lakukan. Seringkali kita “ didoktrin “ dengan unsur sebab akibat dalam sebuah aktivitas sebagai contoh kalau kamu mau lulus ujian maka anda harus belajar, kalau kamu ingin selamat maka kami harus cek kelengkapan perjalanan kamu dan unsur sebab akibat yang lainnya dari seluruh aktivitas kita. Tapi sadarkah kita ternyata ketika kita melakukan aktvitas apapun ternyata keberhasilan bukan hanya berdasarkan sebab akibat saja akan tetapi ternyata ada faktor “ epsilon “ atau sesuatu yang tidak diteliti yang disebut dengan doa.

Seringkali kita berjuang pagi, siang dan malam untuk mewujudkan mimpi agar tujuan yang kita inginkan kita peroleh dan secara logika dengan perjuangan yang sedemikian besarnya harusnya ujian yang dihadapi bisa dilalaui dengan baik. Akan tetapi ternyata keberhasilan itu akan menjadi tertunda ketika pada saat ujian ternyata badan kita sakit karena mungkin terlalu lelah belajar atau mungkin karena serangan virus yang ada. Atau bahkan ketika pada saat ujian tersebut ternyata soal yang kita hadapi ternyata jauh dari apa yang kita perkirakan untuk tingkat kesulitannya.

Saudaraku ternyata pertanyaan anakku itu perlu kita renungkan bersama bahwa kenapa kita perlu berdoa karena ternyata selain faktor sebab akibat ada faktor lain yang menentukan keberhasilan kita dalam seluruh aktvitas yang kita lakukan so akhirnya guys tetap bersemangat melakukan aktivitas dan jangan lupa berdoa yah…yah yah yah ( kata anakku yang bungsu hehehehe)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s